Liputan6.com, Jakarta – Daihatsu cetak sejarah, dengan telah mampu produksi mobil 8 juta unit di Indonesia. Pencapaian pabrikan asal Jepang ini, diraih setelah 45 tahun, ketika saat PT Astra Daihatsu Motor (ADM) membuat kendaraan pertamanya di Tanah Air pada 1978.M

Model pertama yang dibuat, adalah Daihatsu Midget atau yang lebih dikenal sebagai Bemo di Indonesia. Sedangkan model yang menjadi unit ke-8 juta adalah Terios tipe R.

“Presiden Daihatsu Motor Co., Ltd., Jepang, Soichiro Okudaira, menyampaikan apresiasi atas capaian produksi 8 juta unit Daihatsu di Indonesia. Daihatsu selalu berusaha untuk berkontribusi kepada industri otomotif dan masyarakat di Indonesia.

“Daihatsu berkomitmen akan terus mendukung ADM, salah satunya dengan mewujudkan pembangunan fasilitas pabrik perakitan baru yang modern dan ramah lingkungan di Karawang Timur pada Februari 2023 lalu sebagai dukungan terhadap program Netralitas Karbon, pengembangan sumber daya manusia yang berkelanjutan, dan pengembangan kendaraan untuk masa depan,” ujarnya saat memberikan sambutan melalui rekaman video, saat perayaan produksi 8 juta unit, Jumat (7/7/2023).

Secara singkat, perjalan produksi Daihatsu dimulai pada 1978, kemudian ADM mencapai produksi ke-1 juta unit pada 2005, didukung oleh keberhasilan produksi kolaborasi pertamanya, yaitu Daihatsu Xenia dan Toyota Avanza.

Tak lama, ADM memperluas pabrik Sunter dan memulai produksi mobil komersial GranMax untuk pasar domestik, dan Townace/Liteace untuk pasar ekspor perdana ke Jepang pada 2007.

HUBUNGI SEKARANG